Istilah-Istilah Yang Sering ditemui Dalam Developing Android

Android lagi, ya memang jika kita membahas android tidak pernah ada habisnya. Apalagi kalau kalian itu memang addicted banget dengan yang namanya android. Khususnya para penggila android yang sering nongol di forum, grup facebook, mereka tiada henti membuat inovasi. Pengoptimalan ponsel android sering mereka lakukan dengan cara terbuka. 

Biasanya user android akan mencari artikel yang dibutuhkan jika ponselnya mengalami kendala dalam forum ataupun grup-grup di facebook. Namun pernahkah kalian merasa kurang paham dengan istilah-istilah disana? Ya saya juga pernah mengalaminya. Dan disini saya akan menjabarkan istilah-istilah tadi dengan konspirasi saya sendiri hehehe.
1. Root

Root adalah suatu proses yang menjembatani user dengan suatu system. Biasanya proses root terlebih dahulu dilakukan sebelum user memodifikasi suatu system di ponsel pintar. Biasanya suatu aplikasi yang digunakan user dalam memodifikasi system akan meminta hak akses root atau root access.

Proses root biasanya bisa diperoleh dari ponsel langsung atau dengan bantuan komputer. Ciri-ciri ponsel yang sudah ter-root adalah ada aplikasi SuperSU, superuser, KingUser. Kesimpulannya root itu adalah awal dari segala proses pengembangan, modifikasi, pengoptimalan suatu ponsel android.
2. Mod

Mod adalah kependekan dari modifikasi, setelah akses root didapat pada ponsel biasanya user bisa memodifikasi system maupun aplikasi yang ada di android. Mod juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu, Mod System, Mod UI (tampilan), dan Mod Aplikasi. 

Tujuan dari mod itu macam-macam, ada mod yang dibuat agar performa ponsel menjadi lebih responsif, mod juga bisa membuat tampilan UI atau antarmuka ponsel sesuai dengan keinginan kita, dan ada pula mod yang bertujuan untuk aplikasi berbayar agar full versi atau pro version.

3. Tweak

Hampir mirip dengan mod, tweak juga bertujuan agar performa ponsel makin halus, ringan. Tweak biasanya dilakukan pada file bernama build.prop , ada juga tweak init.d.

Pada tweak build.prop user mengedit isi dari file build.prop yang berada di folder system/build.prop. Contoh dari isi build.prop p:

Berbeda dengan build.prop init.d adalah tweak berupa folder yang didalamnya tersimpan script-script. Contoh dari isi folder init.d:




4. Recovery

Recovery merupakan suatu menu yang dapat diakses sata ponsel pertama kali dihidupkan. Recovery dapat diakses dengan menekan tombol power+vol up/ volume down, atau power+home+volume up diponsel samsung. 

Recovery ada banyak macamnya mulai dari stock recovery, cwm recovery, twrp recovery, philz recovery dll. 

Stock recovery

Stock recovery merupakan recovery bawaan pabrik yang meiliki fitur standar. Recovery ini hanya memiliki fitur update from update.zip, itu tandanya kita dapat update rom hanya jika kita punya file update.zip untuk ponsel.kita. Contoh stock recovery :

 

Custom Recovery

Custom recovery seperi cwm, philz, twrp merupakan recovery yang sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk keperluan yang lebih jauh. Misalnya untuk install rom, backup/restore rom, wipe data/cache/dalvik. Fungsi terpenting dari custom recovery adalah melakukan restore jika ponsel kalian mengalami gagal booting. Namun untuk bisa me-restore kalian harus backup terlebih dahulu. Contoh custom recovery:

Bisa dibilang recovery itu ibarat BIOS menu di komputer. 

5. Stock Rom & Custom Rom

Stockrom ialah rom yang diinstall oleh pabrikan, berbeda dengan custom rom. Biasanya rom ini stabil karena sudah pasti dicek oleh pabrikan sebelum ke tangan konsumen. Namun terkadang stockrom menjadi terlalu lag saat dioperasikan, itu karena ada aplikasi yang sebenarnya kita tidak perlukan atau yg disebut bloatware.

Custom rom adalah rom buatan pihak ketiga. Biasanya suatu ponsel yang menggunakan stock rom itu ada aplikasi yang kita tidak perlukan. Nah dicustom rom ini lah kita bakalan nemuin aplikasi yang hanya kita butuhkan. Dengan kata lain dicustom rom bloatware sudah tidak ada lagi karena sudah dihilangkan oleh developer rom tersebut.

Selain itu custom rom juga bisa merubah penampakan dari UI ponsel pintar. Untuk menginstal custom rom dibutuhkan custom recovery. 

Jangan pernah menginstal custom rom yang bukan diperuntukan untuk ponsel kalian. Karena bisa mengakibatkan ponsel kalian bootloop, stuck di logo, bahkan blank hitam.
Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain, mungkin kalian ada yang mau menambahkan dikomentar. Segitu dulu ya untuk kesempatan ini sampai jumpa dilain artikel hehehe.


Advertisements
Tagged with: , , , ,
Posted in Mobile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: