Pro Dan Kontra Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-hari

Semakin berkembangnya teknologi saat ini seolah-olah menjadi bumerang buat yang salah menerapkan teknologi ini. Bahkan perusahaan teknologi besar saat ini sedang gencar-gencarnya membuat inovasi-inovasi baru. Seakan-akan semua bisa dilakukan dalam genggaman. Yaa benar saja kalau teknologi itu bisa membantu pekerjaan kita didunia nyata, namun ada pula sisi negatifnya jika disalah gunakan. 
Sampai saat ini teknologi masih terus dikembangkan terutama teknologi mobile. Wujud dari teknologi ini adalah smartphone, banyak orang yang sudah kecanduan teknologi ini. Smartphone kini telah perlahan-lahan menggeser komputer, itu terbukti karena hampir semua fitur komputer kini dapat dirasakan dismartphone. Bahkan kini ada yang menggabungkan keduanya.
Saya selaku pengguna teknologi ini tidak munafik memang saya akui saya tertarik dibidang teknologi dan sains. Yang merupakan hal yang saling berbanding terbalik. 

Untuk itu saya jelaskan dibawah ini adalah riset yang saya lakukan dalam waktu singkat tentang hal yang salah diartikan oleh masyarakat luas.

1. Smartphone digenggaman sama dengan dunia digenggaman

Ini sebenarnya memang benar bagi sebagian orang, karena kita memang dapat melihat seluruh dunia lewat smartphone. Tapi alangkah mirisnya dunia luas yang kita lihat itu sebenarnya menjadikan dunia terasa sempit. Yaa kita memang terjebak didunia yang luasnya hanya 4 inchi sampai 5 inchi. 

Demi dunia yang dianggap luas padahal sempit ini banyak orang yang tidak perduli akan lingkungan sekitarnya. Tidak perduli tua atau muda, teknologi kini menjajah semua dan perlahan menghilangkan rasa sosial.

2. Dengan menggunakan teknologi kita melakukan Go Green yaitu diet kertas 

Memang kita sekarang jarang menulis dengan tangan, kebanyakan fungsi kertas kini menjadi kebutuhan yang nomer 2 dalam menulis. Sekarang kita lebih sering menggunakan teknologi dalam menulis, yang akhirnya mengurangi penggunaan kertas.

Seperti kita ketahui kertas itu terbuat dari kayu, kayu berasal dari pohon. Dengan kita mengurangi penggunaan kertas maka penebangan pohon berkurang.

Memang benar kita mengurangi penggunaan kertas. Namun apakah kalian menyadari perlahan-lahan kalian kehilangan keahlian tangan kalian dalam menulis? 

Lagi pula limbah kertas jika dibandingkan dengan limbah smartphone atau perangkat lainnya merupakan limbah yang masih bisa didaur ulang dan tidak terlalu beracun. Berbanding terbalik dengan limbah smartphone atau perangkat lain yang memiliki kandungan zat beracun, bahkan bisa mengakibatkan ledakan dari baterai perangkat tersebut.

Sebenarnya diet kertas disini merupakan hal yang tidak bermakna bagi saya. Toh pabrik-pabrik yang menciptakan teknologi pasti menebang pohon untuk memperluas produksinya. Jadi masih Go Green kah kita?

3. Sumber Listrik dan PowerBank Menjadi Kebutuhan Wajib

Tidak dapat dipungkiri kini sumber listrik menjadi kebutuhan wajib dimana saja, bahkan ditempat umum seperti bandara, stasiun kereta hingga mall. Semua tersedia untuk kebutuhan jika baterai smartphone sudah habis pasti kita mengisinya. 

Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya saat smartphone diisi ulang baterainya, berarti kita tidak harus menggunakannya untuk sementara. Karena smartphone juga butuh istirahat layaknya kita. 

Inilah kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan malah makin marak, sejatinya jika kita menggunakan smartphone dalam keadaan mengisi baterai maka akan meningkatkan suhu pada smartphone itu. Karena pada saat pengisian baterai listik terus dimasukan kebaterai aliran listrik tadilah yang menimbulkan panas.

Sekarang ini mulai banyak yang menggunakan powerbank sebagai pengganti listrik, penggunaan powerbank mulai mewabah. Mungkin karena desainnya yang kecil dan bisa dibawa kemana2 jadi tidak ada colokan pun masih bisa mengisi baterai smartphone.

Tahukah kalian pemakaian powerbank malah bisa berakibat buruk buat smartphone kalian? Dengan kalian memakai powerbank otomatis kalian masih menggunakan smartphone saat dalam keadaan mengisi baterai kan?

Sebenarnya hal itu sangatlah berbahaya, mengingat jarak antara komponen dalam smartphone sangat dekat dan kapan saja bisa mengakibatkan short atau arus pendek jika suhu meningkat karena menggunakan powerbank. Dan pemakaian powerbank juga dapat mengakibatkan usia smartphone pendek.

Kesimpulannya powerbank itu memang membantu kita pada saat darurat dimana tidak ada sumber listrik, tetapi perhatikan pula dampaknya jika salah penggunaaannya.

4. Berfoto Juga Menjadi Hal Yang Wajib

Sekarang makin marak pula kita temui orang yang berfoto ditempat umum, rumah makan, tempat ibadah, rumah sakit bahkan tempat pemakaman. Entah itu selfie, wefie ataupun groufie semuanya sama memanfaatkan kamera smartphone, lalu biasanya diupload ke medsos. Memang siklus seperti ini sudah biasa menjadi kegiatan sehari-hari.

Sebenarnya ini wajar-wajar saja asalkan tidak merugikan orang lain. Tapi harus diketahui juga kita harus tahu tempat, sehingga tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Dan jangan melakukan foto jika membahayakan nyawa kita sendiri.

5. Bermain Game Hingga Lupa Segalanya

Nah yang terakhir ini memang benar karena saya pernah mengalaminya. Memang jika kita bermain game itu bisa membunuh rasa jenuh. Game memang didesain untuk membuang rasa bosan, tetapi pikirkan pula dampaknya. 

Sekarang ini teknologi dalam bermain game semakin canggih, bahkan beberapa bulan lalu muncul game dengan fitur Augmented Reality yang memberikan sensasi seolah olah kita masuk kedalam game. Namun menurut saya bukan kitalah yg memainkan game itu, justru sebaliknya game yg mengendalikan kita. Karena kita harus berjalan keluar rumah untuk bisa bermain game tersebut.

Secara tidak sadar banyak waktu yang telah kita sia-siakan jika tak kenal waktu dalam bermain game. Memang sih dampak positifnya kita sekaligus olahraga, namun bagi saya yang namanya game itu kita adalah pemainnya yang berarti kita yang mengendalikan bukan game yang mengendalikan kita.

Itulah diatas tentang teori konspirasi saya berdasarkan yang saya lihat dimasyarakat. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan, karena yang baik masih dapat diperbaiki.

Advertisements
Tagged with: , , ,
Posted in Daily Life, General, Technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: